Sabtu, 27 April 2013

Angan-Angan Menjadi Guru Kembali Muncul

Sesuatu di sekitar kita, terkadang hal tersebut menjadi inspirasi kita!

Dulu... Ketika semasa menempuh bangku Sekolah Menengah Atas aku punya cita-cita untuk menjadi seorang guru. Mungkin karena orang yang saat itu menginspirasiku adalah guru. Bapak dan Ibu Guruku selalu memberikan motivasi disela-sela pelajaran yang mereka sampaikan. Aku menyukai hal itu, Guru yang tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik. Sampai sekarangpun saat aku sudah kuliah, aku masih menyukai gaya dosen yang memberikan motivasi disela-sela menyampaikan materinya.

Saat ini aku sedang menempuh S1 Geografi, aku menemukan banyak hal yang berbeda dengan masa SMA. Lingkungan yang kompleks aku temukan. Teman dari berbagai kota bahkan suku yang berbeda aku dapatkan. Jika dulu aku merasa aku hanya bertemu dengan Guru, maka sekarang lebih banyak lagi hal yang sebenarnya bisa menjadi sumber menjadi inspirasiku. Dosen, Guru Besar, Dekan, Rektor, ya seputar siapa yang bisa aku temui saat inilah yang bisa menjadi sumber inspirasiku. Ketika aku bertemu dengan Dosen, kadang au ingin sekali menjadi Dosen, ketika aku bertemu dengan Guru Besar maka kukatakan dalam hatiku "Ah.. aku nanti harus bisa menjadi Guru Besar", begitu pula dengan hal-hal lain yang aku temui. Namun dalam kebimbangan itu au hanya bisa memohon kepada Allah SWT "Ya Allah, jadikanlah aku manusia dengan profesi yang Engkau Ridhoi".

Selasa, 23 April 2013 aku mendapatkan setumpuk surat undangan untuk Sekolah SMA di Kabupaten Ponorogo. Sebagai perwakilan HMJ Geografi dari Ponorogo, tentu aku harus mengantarkannya. Memang HMJ Geografi akan menyelenggarakan Olimpiade Geografi se-Jawa Timur, Bali, NTB Terbuka pada tanggal 26 Mei 2013. Senang campur susah dengan keadaan seperti ini. Senang karena aku akan pulang mengantarkan surat undangan itu. Naa..kalau pulang aku bisa bertemu dengan keluargaku dan juga Bapak Ibu Guru SMAku. Tapi susahnya, tau sendiri kan? minggu2 ini posisi akhir semester, menjelang UAS gitu. Tapi mau bagaimana lagi aku akan tetap pulang minggu depan saat minggu tenang, Insya Allah.

Karena aku akan ke SMAku juga untuk mengantarkan Surat Undangan Olimpiade. Aku berangan-angan dan bertanya dalam hati "Mengapa tidak sekalian aku memperkenalkan Kampusku tercinta kepada adik-adik kelasku? sekalian melaksanakan amanah Kepala Sekolah Bapak Drs. Suroso untuk memberikan motivasi kepada adik-adik kelas XII yang sekarang sedang menanti pengumuman Ujian Nasional?". Yah.. InsyaAllah aku akan melaksanakan apa yang ada dalam angan-anganku ini. Dan ketika aku berangan-angan untuk melaksanakan hal tersebut, entah mengapa angan-angan untuk menjadi seorang Guru muncul dari dalam benakku. Entah, entah dan entah? Aku merasa aku mmang perlu membantu Bapak Ibu Guruku untuk memberikan sedikit motivasi kepada adik-adik kelasku. Tentu saja bukan hanya menjadi harapan Bapak Ibu Guruku ketika output dari SMAku bisa menjadi orang yang berkualitas, namun juga menjadi harapan besarku juga.

Walaupun saat ini aku sedang mengambil S1 Geografi, dan aku bukan anak Pendidikan. Jika Allah telah menetapkan aku menjadi seorang Guru tentu aku akan menjadi Guru. Namun jika tidak, pasti akan ada profesi yang lebih sesuai yang Allah berikan untukku. Ya Allah tuntunlah apa-apa yang akan hamba lakukan, sehingga apa yang hamba lakukan tidak sia-sia, bermanfaat bagi orang lain dan mendaatkan RidloMu. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar