Jumat, 09 Mei 2014

IKM JAYA, INDONESIA BERDAYA: Peranan Sektor Industri Kecil Menengah (IMK) dalam Penyerapan Tenagan Kerja di Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo

Kecamatan Sawoo, terletak di sebelah timur Kabupaten Ponorogo. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Mlarak dan Kecamatan Sooko, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Sambit. Kecamatan Sawoo berada pada ketinggian 103-980 m dpal. Sebagai kecamatan yang mempunyai kondisi geografis pegunungan, sektor basis Kecamatan Sawoo adalah sektor usaha pertanian, terutama pertanian Tanaman Bahan Makanan (Tabama). 

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini di Kecamatan Sawoo tidak hanya sektor pertanian saja yang menjadi matapencaharian penduduk setempat namun juga Industri Kecil Menengah yang dikenal dengan IMK. Industri kecil menengah (IMK) di Kecamatan Sawoo yang sedang berkembang meliputi industri anyaman, tikar mendong, batu bata merah, gentenng, pande besi, pertukangan kayu, penjahit, tempe, tahu, tape, krupuk, roti, jamu jaa, emping melinjo, es lilin, es lilin, makanan ringan, gula merah, setrum accu, las, capil, besek, kepang, kukusan, tampah, tegel.beton, tambal ban, biting dan rinjing (BPS Kabupaten Ponorogo, 2013).


Dari berbagai macam IMK tersebut yang paling banyak dijumpai adalah industri Tumah Tangga besek dan biting. Banyak yang menekuni IMK besek, karena dapat dikerjakan kapan saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama sebagai petani. Gambar berikut adalah gambaran besek di Kecamatan Sawoo


Gambaran Besek yang dibuat di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo
Keberadaan Industri Kecil Menengah(IMK) ini menjadikan lapangan usaha di Kecamatan Sawoo semakin beragam. Selain itu, keberadaan IMK di Kecamatan Sawoo turut memberikan kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi. Selain itu dampak positif yang diakibatkan oleh adanya Industri Kecim Menengah (IMK) adalah penyerapan tenaga kerja di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Berikut adalah gambaran jumlah penduduk Kecamatan Sawoo yang bekerja menurut sektorusahanya:

Tabel Jumlah Penduduk Menurut Sektor Usahanya
Suber : Kecamatan Sawoo dalam Angka, BPS Kab. Ponorogo 2013
















Untuk mengetahui sejauh mana penyerapan tenaga kerja dalam sektor IKM di Kecamatan Sawoo dapat menggunakan rumus berikut :



Dari perhitungan dengan menggungan rumus tersebut didapat hasil sebagai berikut :


Tabel Prosentase Penduduk yang Bekerja di Sektor IKM

Sumber : Kecamatan Sawoo Dalam Angka 2013 diolah

Keterangan :

TK       : Tenaga Kerja
P IKM : Prosentase Tenaga Kerja yang berada pada sektor Industri Kecil Menengah (IKM)

Dari data diatas dapat dikehui bahwa sektor Industri Kecil Menengah (IKM) mempunyai dampak positif terhadap masyarakat di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Keberadaan Industri kecil menengah (IKM) mempunyai peran dalam penyerapan tenagan kerja di Kecamatan Sawoo. Data diatas menunjukkan prosentase penyerapan tenaga kerja di sektor IKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2012 penyerapan tenaga kerja di sektor industri sebesar 6,39 persen. Dari jumlah penduduk sebesar 53.092 jiwa, maka jumlah penduduk yang terserap dalam sektor Industri Kecil Menengah (IKM) adalah sebesar 3.392 jiwa. 


Peningkatan Prosentase penduduk yang bekerja dalam sektor IKM sebesar 0,02 persen. Prosentase yang terlihat kecil tersebut mempunyai nilai sama dengan 1.062 jiwa. Melihat kondisi Geografis Kecamatan Sawoo yang mempunyai sektor basis pertanian, IKM di Kecamatan Sawoo cukup besar. Apabila Sektor IKM terus ditingkatkan maka pengngguran di Kecamatan Sawoo yang masih sebesar 18,51 persen dapat diatasi. 


SARAN :

Dengan adanya potensi IKM di Kecamatan Sawoo yang baik, maka perlu adanya pelatihan 
kewirausaan oleh Dinas Perinsdustrian dan Perdagangan untuk mengembangkan usaha, terutama IKM Rumah Tangga. Selain Pemerintahan, Instansi seperti #Dompet Dhuafa juga dapat melaksanakan pelatihan kewirausahaan di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

IKM JAYA-INDONESIA BERDAYA-#IndonesiaMoveOn



Kata kunci : #Dompet Dhuafa, #IndonesiaMoveOn


============================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar